APA ITU MUSYRIK ??

Sebelum menjawab pertanyaan apa itu musyrik, ada hal yang sangat penting untuk kita ketahui, yakni Allah SWT itu adalah Tuhan Yang Pencemburu.

Allah itu sangat murka kepada hamba-hamba-Nya yang mencintai illah illah (tuan-tuan) yang lain. Dia (Allah) sangat marah bila hamba-hamba-Nya memiliki sesuatu yang dicintai dan dipatuhi selain kepada-Nya.

Namun demikian, berapa banyak manusia yang mencintai musuh-musuh (tandingan-tandingan Allah) seperti mereka mencintai-Nya.

Ingat Ketika anda memiliki kecintaan kepada sesuatu melebihi atau menyamai cinta anda kepada-Nya, maka anda masih berada dalam kondisi kemusyrikan.

Jadi apa itu musyrik ????
Dalam tradisi doktrin agamis, kata “musyrik” itu dimaknai dengan menduakan atau mempersekutukan Allah SWT.

Bentuk dari kemusyrikan itu seperti menyembah atau menuahkan sesuatu (misalnya, pohon besar, patung, batu, kuburan, Kris, dan semacamnya), meminta pertolongan kepada dukun atau orang pintar, mempercayai khurafat, dan semacamnya.

Itulah bentuk-bentuk kemusyrikan yang di ajarkan dalam tradisi doktrin agamis.

Jika anda ingin merenungi semua aktivitas kemusyrikan yang tersebut di atas tadi, sesungguhnya aktivitas-aktivitas tersebut hanya akan dilakukan oleh orang-orang bodoh, penakut, dan tidak memiliki kepercayaan diri dalam menghadapi kehidupan ini.

Aktivitas-aktivitas tersebut sesungguhnya tidak ada kaitannya secara langsung kepada Allah SWT.

Tanpa menggunakan dasar wahyu (firman Allah pun) aktivitas-aktivitas tersebut adalah sesuatu yang tidak diterima oleh akal sehat.

Sehingga seluruh aktivitas yang dikategorikan perbuatan syirik yang dilakukan di atas dalam tradisi dan doktrin agamis adalah kebodohan sosial belaka yang tidak membuat Allah SWT cemburu dan tidak membuat Allah SWT itu marah

Karena itu masih berupa kemusyrikan kecil semata, sedangkan kemusyrikan yang sesungguhnya akan membuat Dia (Allah) cemburu dan marah besar, karena kemusyrikan itu adalah kezoliman yang amat besar.

Lihat Al-Qur’an : Al-An am (6) ayat 88, surat Annisa (4) ayat 36, surat Al Maidah (5) ayat 72, surat Luqman (31) ayat 13, surat Annisa (4) ayat 48, 116.

PERBEDAAN ANTARA SYIRIK DAN MUSYRIK

Sedikit saya jelaskan, syirik itu mensyarikati, mempersekutukan, menduakan, atau menandingi. Sedangkan musyrik adalah orangnya atau manusianya itu sendiri

Di dalam kehidupan kita yang memiliki karakter tadi itulah orang musyrik (individu) kalau dalam jumlah yang memiliki karakter tersebut disebut masyarakat (bangsa musyrik).

Perbedaan antara syirik dan musyrik, untuk lebih jelas kita harus mengkaji ulang kedudukan Allah SWT bagi alam semesta termasuk bagi manusia.

Dalam Al-Qur’an surat Al-Fatihah (1) sebagai pembuka Al-Qur’an dan surat An-Nas (114) sebagai penutup Al-Qur’an menjelaskan hal tersebut.

Pertama, kedudukan Allah SWT sebagai Rabb bagi ummat manusia. Yang di maksud Allah sebagai Rabb adalah Dia sebagai Sang Pencipta, pengatur dan pendidik alam semesta dengan sifat Rahman dan Rahim-Nya.

Sebagai Rabb, Allah SWT tidak pernah berhenti menjalankan tugas-Nya dalam mencipta, mengatur, dan mendidik alam semesta termasuk manusia di dalamnya.

Dalam Dia mencipta dan mengatur semua ciptaan-Nya menurut sistem hukum yang telah di ciptakan-Nya. Dia terlebih dahulu menciptakan sistem hukum-Nya sebelum dia menciptakan alam semesta dan ummat manusia.

Sehingga tatkala alam semesta di cipta, mereka tunduk patuh (berserah diri) : Aslama kepada sistem hukum yang telah di undangkan oleh-Nya kepada masing-masing ciptaan (makhluk, tidak terkecuali manusia) inilah fitrah penciptaan bagi setiap makhluk di alam semesta

lihat Al-Qur’an surat Al-Anam (6) ayat 164.

Berbeda dengan makhluk lainnya di alam ini, manusia dengan akal pikirannya diberi kebebasan oleh Allah dalam menentukan sikap pengabdiannya

apakah mereka ingin menjadi hamba yang iman dan patuh (mukmin) atau menjadi hamba yang kafir zalim (musyrik).

Tentu saja setiap pilihan sikap tersebut memiliki proses dan konsukuensi tersendiri.

Ketika ummat manusia atau suatu negara bangsa tidak menjadikan hukum Allah SWT sebagai undang-undang

Dan mengambil hukum negara-negara bangsa penjajah / penguasa yang merupakan produk dari pemikiran dan syahwat manusia sebagai undang undang

maka sesungguhnya mereka atau bangsa itu adalah manusia atau bangsa yang musyrik.

MENGAPA MUSYRIK DILARANG ???

Mengapa Musyrik dilarang ? tentu tanda tanya besar untuk yang membaca ini. Tadi saya sudah menjelaskan bahwa kemusyrikan itu adalah kezaliman yang amat besar

lihat Al-Qur’an dalam surat Al-Anam (6) ayat 88 ditegaskan sangat jelas seandainya mereka mepersekutukan Allah SWT niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.

Kedua lihat Al-Qur’an surat Al-Maidah (5) ayat 72 menjelaskan sesungguhnya orang orang yang mempersekutukan sesuatu dengan Allah maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga

Dan tempatnya ialah nereka, tidak ada bagi orang2 zalim itu (musrik) seorang penolongpun.

Ketiga buka Al-Quran surat An-nisa (4) ayat 48 dan 116. Sesungguhnya Allah SWT tidak akan mengampuni dosa syirik dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari syirik itu, bagi siapa yang di kehendakinya.

Barang siapa yang mempersekutukan Allah SWT, maka sungguh dia telah berbuat dosa yang amat besar

Selanjutnya di ayat 116 nya sesungguhnya Allah SWT tidak mengampuni dosa mempersekutukan sesuatu dengan Dia, dan Dia mengampuni dosa yang selain syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya.

Barang siapa yang mempersekutukan sesuatu dengan Allah maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya.

Dari beberapa ayat di atas semakin meyakinkan kita bahwa Dia (Allah) amat benci kepada hamba-hamba-Nya yang berlaku syirik (musyrik).

Sekali lagi lihat Al-Qur’an surat At-Taubah (9) ayat 28 yang menjelaskan Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya orang-orang yang musyrik itu najis.

Sekali lagi orang-orang yang musyrik itu najis di hadapan Allah. Tentu saja najis yang di maksud bukanlah najis secara fisik, tetapi najis secara aqidah. Sekarang, lihat sekeliling anda.

Jika anda hidup dalam lingkungan yang demikian berarti anda sedang hidup dalam kehidupan musyrik. Jika anda meyakini dan menjalani model kehidupan seperti itu, berarti anda sedang berbuat syirik atau menjadi seorang musyrik.

Begitulah pandangan Allah dalam Alquran tentang kemusryikan, suatu dosa yang tidak dapat di ampuni oleh Allah. Selain itu, semua pengabdian atau amal ibadah yang diperbuatnya tidak akan bernilai di sisi Allah.

CONTOH MUSYRIK

Ketika ummat manusia atau suatu negara bangsa tidak menjadikan hukum Allah sebagai undang2 dan mengambil hukum negara-negara bangsa penjajah/penguasa yang merupakan produk pemikiran nafsu syahwat manusia sebagai undang undang / hukum maka sesungguhnya mereka atau bangsa itu adalah manusia atau bangsa yang musyrik.

Mereka telah meyakini, menempatkan, dan menjalankan hukum penguasa bangsa (Thogut) di samping hukum Allah SWT yang fitrah dan yang Haq untuk di tegakkan.

Ingat kebenaran sejati hanyalah berasal dari Allah SWT, sehingga hukum di kuar hukum Allah adalag batil oleh karenanya, siapapun yang memutuskan suatau perkara bukan menurut hukum Allah, maka mereka itu adalah orang2 kafir, zolim, dan fasik

lihat Al-Quran surat Al Maidah (5) ayat 44, 45, dan 47.

POSISI MUSYRIK DI MATA TUHAN

Dimata Dia orang-orang yang musyrik itu adalah orang-orang yang tidak suci alias najis sehingga ibadahnya tidak akan pernah di terima oleh-Nya luhat Al-Quran surat At Taubah (9) ayat 28.

Tambah lihat surat Al Maidah (5) ayat 44, 45, dan 47

HUKUMAN BAGI MUSYRIK

Begitu besar dosa orang musyrik sehingga ada hukuman untuk mereka, baru tahukah anda ??
Hukuman bagi orang musyrik adalah Allah SWT mengharamkan kepadanya surga dan tempatnya ialah neraka

Kedua lihat Kembali Al Quran surat An-nisa (4) ayat 48 dan 116, sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan Dia (Allah) mengampuni dosa yang selain dari syirik.

Barang siapa yang mempersekutukan Allah sesungguhnya ia telah berbuat dosa paling besar di dunia ini, dan sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya.

Prev 1 of 8 Next
Prev 1 of 8 Next
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x